Selamat malam para sobat blogger,hari ini terasa beda banget,kenapa?karena oh karena saya ngepost artikel ini di malam hari,dan jarang-jarang banget saya ngepost di waktu seperti ini.Sebelum ke main topic maaf banget kalau judul artikel ini amat sangat panjang.Nah tanpa basa-basi saya cuma mau share pengalaman dan ilmu yang telah saya dapat dari berbagai tempat dan tentunya menambah wawasan semua orang khususnya para pelamar sekolah,entah itu yang ikut SNMPTN tahun 2014,2015 ataukah 2030,atau juga yang masih SMP atau para orang tua murid :)
.

Di indonesia ada banyak banget jurusan yang "katanya" memiliki prospek bagus namun dalam konteks di beberapa universitas atau institut menurut saya.Waktu kecil saya suka banget dengan yang namanya komputer dan gadget-gadget seperti itu,dan saat SMA pun saya ingin masuk Teknik Informatika yang katanya sekarang sedang naik daun,mungkin banyak dari sobat yang sangat familiar dengan prodi yang baru saya sebutkan tadi.Kalau anak IPA kebanyakan pengennya ke Teknik,seperti Teknik Mesin,Informatika,Fisika,Kimia dll. Selain jurusan tadi dokter juga banyak peminat, dan yang ngetrend sekarang adalah PGSD (Pendidikan Guru SD).Bagi yang IPS tentunya Akutansi menjadi favorit selain itu ada Hubungan internasional juga.

Nah bagi kalian yang nggag mau mainstream,disini saya akan menambahkan beberapa jurusan/prodi "yang terlupakan" dimana maksudnya ialah prodi dengan prospek kerja besar (lapangan kerja dan gaji tentunya) namun masih jarang atau bisa dikatakan belum banyak yang tau tentang jurusan-jurusan ini.Bagi para Siswa SMA yang mau cari sekolah nih ada beberapa:
ohya ini saya ambil dari kaskus,karena saya kira berguna banget :)
 1. Jurusan Ilmu Perpustakaan
Di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) dan terkadang di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mungkin agan pernah menemukan Jurusan Ilmu Perpustakaan. Apa yang terlintas di benak agan ? Apa kumpulan manusia rendah yang kemana-mana selalu berkacama tebal dan membawa buku banyak-banyak ? Atau malah terlintas sesosok manusia pengecut yang kerjanya cuma nyusun-nyusun buku melulu ? Ya, memang begitulah pekerjaan di perpustakaan. Tapi itu dulu. Ilmu Perpustakaan saat ini adalah salah satu jurusan paling eksis. Mata kuliah yang diajarkan juga berkaitan banyak tentang hukum, matematika, sosiologi, bahkan filsafat ini dikarena lulusan Ilmu Perpustakaan dituntut memiliki wawasan yang sangat luas. Jurusan ini juga dituntut mampu mengelola informasi yang berbasis teknologi sehingga mempelajari pemrograman dan web desain. Jadi, buang jauh-jauh pikiran agan tentang perpustakaan yang membosankan. Di sini saat ini, perpustakaan akan membuatmu betul-betul pintar dan keren. Kurang apa lagi ?
Universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Perpustakaan antara lain UI, UNDIP, UGM. UNAIR, UNS, UNPAD, UIN, UT.
ane jurusan ilmu perpustakaan gan. mau nambahin tentang prospek kerja lulusan jurusan ini.
Di Ilmu Perpustakaan, agan gak cuma belajar tentang perpustakaan, tapi juga administrasi, pengarsipan, dan dokumentasi. Dan itu semua udah pake komputerisasi lho. Bahkan di kampus ane di UI, jurusan ini belajar 20% nya ilmu komputer. Kita belajar bikin database dokumen, html, desain web, cara ngindeks informasi di internet dan jurnal ilmiah (bye bye Om Google!) sampai bikin video segala.
Prospek kerjanya gak cuma di perpus aja. Agan bisa jadi document controller,arsiparis, sekretaris, indexer, bahkan banyak lulusan dari JIP UI jadi programmer. Logikanya, semua perusahaan punya dokumen yang perlu diorganisasi dengan baik. Itu juga ranah lulusan ilmu perpustakaan. Jadi sebenernya lulusan Ilmu Perpustakaan bisa kerja di perusahaan mana aja Banyak lulusan JIP yang jadi document controller di perusahaan minyak, media TV, sampai intel dokumen rahasia POLRI. beuuuh
Sampai sekarang jurusan ini makin naik popularitasnya. Grade nya juga makin tinggi. Untuk di UI aja jurusan ini sudah masuk grade 750 ke atas which is itu artinya jurusan menengah ke atas. hehe

Kalo agan berkenan tambahin di trit ya. Tengkyuuuh.



2. Fakultas Kehutanan
Kehutanan ? Apa lagi ini ? Tak heran bila ada agan yang baru dengar. Ternyata fakultas ini memang ada walaupun tidak sepopuler Fakultas Pertanian. Mau jadi apa kuliah di kehutanan ? Agan yang berpikiran sempit pasti akan segera membayangkan karakter-karakter semacam Mowgli dan Tarzan. Auoooooo !!! Salah gan, yang pasti jurusan yang satu ini telah menelurkan satu tokoh paling fenomenal saat ini, yaitu Jokowi. Yap, beliau lulusan Kehutanan UGM. Sekali lagi, mau jadi apa kuliah di kehutanan ? Jadi pengusaha mebel seperti Jokowi boleh juga kan ? Hehe. Kalo agan memang suka tentang sesuatu yang berhubungan dengan hutan (tumbuh-tumbuhan dan segala isi-isinya), dan sangat peduli pada kelestariannya, fakultas ini sangat cocok buat agan. Jurusan pada fakultas ini ada Budidaya Hutan, Manajemen Hutan, Konservasi Sumber Daya Hutan, dan Teknologi Hasil Hutan. Keren kan kerjanya masuk keluar hutan buat penelitian.
Universitas yang menyediakan jurusan Kehutanan antara lain IPB, UGM, Universitas Tanjung Pura, USU, UNLAM.



3. Jurusan Teknik Perkapalan
Teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, teknik industri. Itu sih udah mainstream dan ngga asing lagi buat agan. Nah kalo Teknik Perkapalan ? Kurang populer ya ? Ehmm, memang iya sih. Tapi sekali lagi saya ingetin, ngga populer bukan berarti ngga asik dan ngga menjanjikan. Prospek kerjanya luar biasa bagus lho. Agan tahun kan PERTAMINA ? Tahu juga kan PETRONAS ? Pokoknya perusahaan-perusahaan minyak bumi akan sangat butuh jasa agan untuk membangun oil rig di lepas pantai. Selain itu bisa juga kerja di galangan kapal dan sebagai tukang desain kapal di PT. PAL. Karena peminatnya belum banyak maka otomatis peluang kerja lebih besar karena minim pesaing. Gimana gan ?
Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Perkapalan antara lain UI, UNDIP, ITS, PPNS dan UPN "VETERAN" JAKARTA.Ane mau nambahin, gan
Peluang kerja untuk anak Teknik Perkapalan mungkin bukan utk ngebangun oil rig yg fixed di lepas pantai (seperti T. Kelautan)
Tapi lebih ke pembuatan FPSO (Floating Production, Storage, & Offloading) oil, baik itu desain untuk hull (badan kapal), struktur kapal (primary, secondary), sampe ke struktur penunjang lainnya (tangga, akses, dll)



4. Sastra Jawa
Ngga di semua universitas lho jurusan ini ada. Jurusan yang satu ini emang paling langka deh. Salah satu universitas yang membuka jurusan ini adalah UI. Sayangnya, banyak banget yang sangat sangat ngeremehin jurusan ini. Padahal jurusan ini menarik banget lho. Kalau agan tertarik pada Jawa (Budaya dan Bahasa) di sini adalah surganya. Agan bisa belajar mendalang, main gamelan, tari tradisional, Mata kuliahnya juga seru-seru. Pokoknya sangat macem-macem deh gan. Terus, kalo udah lulus mau kerja apa ? Hahai, ini dia yang menyenangkan. Agan bisa kerja di balai bahasa, bisa juga kerja di museum, bisa juga jadi guru, kerja di penerbitan dan percetakan, bisa jadi seniman. Atau paling apesnya agan bisa jadi instruktur bahasa Jawa di tempat-tempat kursus bahasa.
Universitas yang menyediakan jurusan Sastra Jawa : UI, UNS, UNNES, UGM, UNPAD.



5. Jurusan Arkeologi
Wah, arkeologi lho gan. Ini juga jurusan yang bisa dibilang selain udah langka banget juga miskin peminat. Tapi kalo agan kuliah di jurusan ini itung-itung kan bisa gantiin indiana jones. Padahal kalau kuliah di sini sebenarnya seru dan menyenangkan karena yang kita pelajari adalah artefak kuno, fosil, prasasti, naskah-naskah kuno, penggalian candi, dipelajari juga tentang hukum, filsafat serta sejarah, dan hal-hal yang berkaitan konservasi budaya juga alam, dipelajari juga tentang sinematografi sebagai bekal untuk merekonstruksi kejadian di masa lampau. Terus, kalau udah lulus mau kerja di mana ? Bisa kerja di museum, pusat perawatan arsip, peneliti di LIPI, bisa juga jadi penulis atau wartawan. Dan kalau agan tertarik bisa studi lanjut S2 Arkeologi dan jadi dosen.
Universitas yang melayani jurusan ini antara lain UI dan UGM.


 6. Transportasi
Wah ? Transportasi ? Mau jadi sopir kali ya ? Eh, tapi beneran gan ini jurusan ada kok. Transportasi ini kalo ngga salah fakultasnya sedang jurusannya terbagi menjadi Manajemen Transportasi Udara (MTU), Darat (MTD), Laut (MTL), dan manajemen logistik. Kuliah di sini seru banget gan. Yang dipelajari ya tentu aja tentang lalu lintas manusia, kendaraan, serta barang-barang niaga. Hehe. Ngomong-ngomong saya juga kuliahnya di Manajemen Transportasi Udara gan. Di jurusan Udara asik banget gan, mau PKL nya dimana coba ? Yap, di bandara. Asik kan ? Udah tempatnya adem, bersih, mewah, bisa liat pesawat, kadang ketemu artis (tapi sayang saya ngga punya kamera buat kenang-kenangan). Nah, kalo prospek kerjanya ? Tenang aja, kerja di Dephub gan alias Departemen Perhubungan, nanti kalo di darat ya jadi DLLAJ (Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), kalo di Udara ya kerja di Angkasa Pura atau Gapura Angkasa, kalau Laut kerjanya di Pelabuhan sebagai pengawas lalu lintas pelabuhan. Gimana ? Menarik bukan ?
Universitas yang melayani jurusan ini antara lain STMT TRISAKTI, IIAM, dan UNJ.


 7. Filsafat
Dari banyak komen agan sekalian. Banyak yang bilang jurusan filsafat kurang minat. Ya, ini cukup miris gan. Jurusan filsafat ini bisa menjadi sangat penting pada hampir semua instansi. Sebabnya apa ? Pertama, lulusan filsafat dididik untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang, ini sangat penting untuk memecahkan dan pencerah pikiran pada lapangan kerja. Kedua, lulusan filsafat dapat dikatakan manusia yang dituntut untuk "bodoh" sekaligus "sempurna". Maksudnya bodoh karena mereka harus terus bertanya dan mengamati dengan hening segala keadaan. Sempurna karena hasil kontemplasi mereka atas keadaan di atas dapat menjadi rekomendasi bagi kebaikan suatu instansi. Filsafat ini sangat sangat penting gan. Sayang banget, jarang ada instansi yang merekrut mereka. Atau mungkin instansi-instansi memang belum siap untuk dikuak kebobrokannya oleh kehadiran para filsuf ini ?
Universitas yang melayani jurusan ini antara lain adalah UI, STF DRIYARKARA, dan UGM.


Tambahan
 dua lagi gan yang terlupakan, masih satu fakultas tuh sama perkapalan di ITS:

1. Teknik Kelautan (bukan kelautan ya)
saya kuliah di teknik kelautan ITS, teknik kelautan bukan mempelajari bagaimana budi daya perikanan dan sejenisnya. tetapi teknik kelautan mempelejari sistem desain anjungan lepas pantai, mahasiswa teknik kelautan di didik untuk bisa mendesain bangunan seperti ini gan:

Spoilerfor contoh bangunan:


dan juga di didik untuk mendesain pipa yg mentransfer minyak dari sumur ke anjungan..

teknik kelautan juga mengajarkan mahasiswanya untuk merekayasa pantai. contoh pantai yg abrasi bukan hanya di kasih bendungan dari karung goni yg di isi pasir saja. tetapi merekayasa bangunan2 yang bisa tahan puluhan sampai ratusan tahun untuk melindungi pantai tersebut gan

2. teknik sistem perkapalan
teknik ini mempelajari bagian dari mekanis kapal. seperti mesin2 kapal, dan perpipaan pada kapal.. untuk lebih jelasnya mungkin ada anak siskal disini yang bisa menjelaskan.
untuk teknik perkapalan sendiri mahasiswanya di didik untuk mampu bagaimana berinovasi dalam mendesain sampai membangun sebuah kapal.. untuk yang mau kuliah enak bisa dapat kerja ada beberapa jurusan yang ajib untuk diambil dan jarang orang tau. :)

1. radiologi/ penata rontgen
d3/d4 kesehatan, peluang untuk kerja masih sangat besar. pns asal ngak di kota besar di Indonesia masih prospek banget kalau mau ambil kuliah ini ada di medan, padang, palembang, lampung, jakarta, semarang, yogyakarta, makasar dll.

2. fisioterapi
d3/d4 kesehatan, ini juga salah satu jurusan yang orang tau. tapi peluang untuk kerja sangat besar. cpns tiap pembukaan pasti ada jurusan ini. kerja nya juga enak, bisa buka praktek sendiri juga.
kuliahnya bisa di jakarta dan solo ini yang besarnya.

3. kearsipan
nah ini yang ane ngak tau kuliahnya bagaimana tetapi tiap pembukaan cpns pasti formasi ini selalu ada dan jarang orang daftar mungkin lulusannya dikit.

masih banyak lagi sih tetapi untuk 3 ini lebih cepat ambil d3 langsung bisa kerja


1.Teknik design & manufacture (TDM)
 Dari latar belakang bahwa pembangunan sektor industri manufaktur                                masih banyak membutuhkan tenaga profesional yang kompeten sesuai                        standar kualifikasi nasional indonesia,jurusan ini sangat diperhitungkan                            sekali di dunia industri , mulai dari proses design sampai manufaktur                                  yang sangat kompleks
Universitas yang menyediakan jurusan TDM :PPNS2.Teknik Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3)
 jurusan ini dibuat dengan latar belakang Jaminan dan kesehatan kerja wajib                dipenuhi agar dapat menjamin produktivitas  dan kesehatan pekerja dan                          kelestarian lingkungan,Bidang K3 tidak hanya ada pada bidang kesehatan                  saja,tapi hampir setiap industri di segala bidang memerlukan seorang ahli                            K3 baik di bidang manufaktur,informatika,pariwisata dan masih banyak lagi.                      Yang saya tahu jurusan ini banyak di penuhi oleh para wanita gan.
Universitas yang menyediakan jurusan K3 :UI,UNS,PPNS
3. Teknik Perpipaan
 Nah yang satu ini mungkin sahabat opowi juga agak jarang dengar,                                jurusan ini mempelajari bidang rekayasa  perpipaan serta aplikasinya                                    di bidang maritim dan industri,kalau agan-agan tahu aja hampir seluruh                          industri ada pipanya,maka dari itu jurusan ini cukup penting,mulai dari                          pengeboran sampai pabrik.
Universitas yang menyediakan jurusan Perpipaan :PPNS4.Teknik  Pengelasan Yang saya dengar jurusan ini memiliki prospek yang lumayan,jurusan                                  ini bergerak di bidang pengelasan,Jurusan ini mempelajari teknik-teknik      pengelasan,jangan bandingkan dengan pengelas dipinggir jalan,Pasti                          lulusan teknik las jauh diatas mereka. Mulai dari las dunia otomotif                                sampai bangunan lepas pantai mereka pelajari gan.Universitas yang menyediakan jurusan Pengelasan :PPNS




Oh ya saya mau menambahkan,saya sendiri ada di Teknik Perkapalan namun spesifiknya Design dan Manufacturing,dimana dari ilmu yang saya dapat T.Perkapalan menyimpan emas yang sangat luar biasa dan tentunya masa depan indonesia,karena negara kita negara maritim.FYI Indonesia sebagai negara besar,baru memiliki 2 kapal selam,oleh karena itu 2 atau 3 tahun ini Indonesia mengirim para insinyurnya untuk belajar ke negeri ginseng Korea selatan. :)

Bagaimana? Tertarik dan nggak mau sama dengan orang lain,tapi dengan masa depan cerah?
Semoga membantu adik-adikku yang akan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi

12 comments:

  1. sukses untuk tuisannya, sangat jelas singkat dan padat
    www.sepatusafetyonline.com

    ReplyDelete
  2. Keren infonya,cukup informatif

    ReplyDelete
  3. Kalau untuk jurusan transportasi..yg kedinasan juga ada...Sttd untuk darat,Stip untuk laut, stpi untuk udara..dan masih bnyak lg..dibawah KEMENHUB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kedinasan untuk mata silindris seperti saya apa ada peluang besar untuk masuk?

      Delete
  4. Kalau untuk jurusan transportasi..yg kedinasan juga ada...Sttd untuk darat,Stip untuk laut, stpi untuk udara..dan masih bnyak lg..dibawah KEMENHUB

    ReplyDelete
  5. Mau nambahin, di Universitas Airlangga juga ada jurusan Arkeologi kok :)

    ReplyDelete
  6. Kalau lulusan SMK PERAWAT bisa gak masuk ke salah satu jurusan itu? Misalnya Filsafat atau Fisiotherapy? #respon

    ReplyDelete
  7. Kalau yang SMK nya jurusan Komputer Jaringan masuk jurusan apa ya kak di Polban ? #respon

    ReplyDelete
  8. Bagus sekali penjelasannya singkat jelas padat

    ReplyDelete

 
Top